Info Bahan Bangunan Peralatan kamar mandi dan perlengkapan Dapur Terbaru 2015
Menu

Info Perlengkapan Kamar Mandi 2017

Tips Memilih Perlengkapan - peralatan Kamar Mandi serta Dapur

Tanya Jawab : BIO Taff Tablet bakteri pengurai Kloset, Septic tank dan Kitchen sink

BIOTAFF Perawatan Septic Tank adalah bakteri baik pengurai limbah organik yang diformulasikan khusus untuk membersihkan dan merawat tangki septic anda. BIOTAFF juga digunakan untuk melancarkan saluran yang mampat dan bau. Bakteri BIOTAFF adalah bakteri super hasil riset laboratorium di Amerika Serikat melalui penelitian bertahun-tahun, tidak seperti bacteria alami yang dihasilkan oleh tinja manusia yang mudah mati oleh bahan pembersih kimia.

 

Mengapa septic tank/WC anda perlu memakai BIOTAFF Perawatan Septic Tank?

Untuk mencegah septic tank cepat penuh dan bau dikarenakan kurangnya bakteri alami di dalam septic tank/saluran yang berfungsi untuk mengurai tinja dan kotoran.

Mengendalikan bakteri pathogen (merugikan) penyebab penyakit dan mencegah terkontaminasinya sumber air minum/air tanah.

Menggantikan bakteri alami yang mati dikarenakan bahan pembersih kimia (seperti disinfektan, karbol, deterjen, cairan pembersih, dll).

Mengurangi frekuensi penyedotan septic tank akibat sering penuh (lebih hemat).

 

Bagaimana cara kerja BIOTAFF Perawatan Septic Tank?

Mikroorganisme dibutuhkan untuk mengurai tinja dan kotoran di dalam septic tank agar septic tank tidak cepat penuh. BIOTAFF Perawatan Septic Tank akan melepas lebih dari 100 milyar bakteri baik ke dalam septic tank dan menggantikan bakteri yang mati oleh karena pemakaian bahan kimia dan sabun dalam kehidupan sehari-hari. Bakteri baik tersebut juga akan mengurai dan mengolah tinja dan kotoran organik lainnya dan membuat bakteri patogen (bakteri penyebab penyakit) tidak dapat berkembang biak. Dengan demikian air buangan dari septic tank yang keluar ke saluran got atau yang meresap ke dalam tanah merupakan air yang kadarnya bersih dan aman dibuang ke lingkungan, serta tidak membawa sumber penyakit.

 

Bagaimana cara menggunakan BIOTAFF Perawatan Septic Tank mengatasi wastafel dan saluran yang mampat, tersendat, atau bau?

Larutkan 1 tablet BIOTAFF Perawatan Septic Tank ke dalam ember berisi 4-5 liter air, kemudian tuang ke wastafel ataupun saluran yang mengalami masalah seperti mampat, tersendat ataupun bau. Kemudian diamkanlah semalaman. Jangan gunakan atau tuang cairan pembersih, sabun anti bakteri, atau disinfektan setelah aplikasi BIOTAFF. Untuk wastafel atau saluran yang sudah mengalami mampat, ada baiknya lakukan 2-3 kali aplikasi untuk hasil maksimal. Larutan BIOTAFF harus dihabiskan dalam waktu 3 hari setelah dilarutkan, setelah itu larutan tersebut sudah tidak ada khasiatnya. Sebagian besar masalah akan teratasi dengan 2-3 kali aplikasi. Bakteri BIOTAFF akan terlihat hasilnya dalam waktu 4-7 hari. Ulangi sebanyak pemakaian apabila dibutuhkan. 

Bila produk tidak bekerja, harap cek masalah yang menyumbat tersebut. Bisa saja dikarenakan tersumbat oleh benda seperti handuk, pembalut, plastik, akar pohon, puntung rokok dan lain sebagainya yang bersifat non organic dan memang tidak bias diurai oleh bakteri BIOTAFF. Apabila hal tersebut disebabkan oleh benda non organik, anda harus memanggil teknisi ahli untuk melakukan penyedotan atau pembongkaran untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Bagaimana cara menggunakan BIOTAFF Perawatan Septic Tank mengatasi septic tank penuh yang menyebabkan mampat atau luber? 

Celupkan tablet BIOTAFF Perawatan Septic Tank ke salah satu kloset, tunggu larut sepenuhnya, kemudian apabila memungkinkan flush/siran kloset tersebut. Apabila tidak memungkinkan, harap diamkan terlebih dahulu dan tunggu beberapa hari sampai teratasi. Ulangi pemakaian apabila dibutuhkan. 

Petunjuk perawatan dan pencegahan:

Setelah BIOTAFF memperbaiki saluran atau toilet yang tidak lancar, perawatan yang rutin sangat diperlukan untuk mencegah masalah timbul kembali. Satu tablet BIOTAFF dapat merawat hingga 5 m3 septic tank. Gunakan satu tablet per bulan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

Apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal:

Gunakan secara rutin.

Gunakan waktu malam hari atau pada saat aktivitas sedikit.

Untuk perawatan gedung bertingkat, mulailah perawatan dari tingkat paling rendah terlebih dahulu dan bergerak ke atas. Dengan demikian, saluran di bawah akan lebih lancar dulu baru mengobati yang di atas agar tidak terjadi luapan air.

Penyedotan secara berkala tetap diperlukan untuk menyedot lumpur (bahan anorganik) yang terakumulasi di dasar tangki berikut plastik, pembalut, puntung rokok, popok, pembalut, dan lainnya.

Yang tidak boleh dilakukan untuk hasil maksimal:

Jangan gunakan bahan kimia selama 7 hari setelah pemakaian BIOTAFF.

Jangan pakai bahan kimia, pemutih, sabun anti-bakteria, disinfektan secara berlebihan dan apabila memungkinkan sebaiknya dihindari.

Jangan buang plastik, pembalut, puntung rokok, popok ke kloset karena dapat membuat septic mampat.

Jangan membuang sisa makanan dan minyak sisa gorengan ke sink.

Pertanyaan seputar Masalah Tangki air ( Water Tank ) Penguin

Pertanyaan seputar Masalah Tangki air ( Water Tank ) Penguin

  • Apa yang membuat Tangki Polyethylene Penguin merupakan pilihan terbaik untuk penyimpanan air dan kimia?
    • Harga Tangki Polyethylene lebih ekonomis dibandingkan harga stainless steel dan fiberglass
    • Tangki Polyethylene memiliki bobot yang ringan
    • Tangki Polyethylene dimanufaktur tanpa sambungan untuk mempermudah dalam pembersihan tangki dan bebas kebocoran
    • Manufaktur konstruksi Tangki Polyethylene sudah sesuai dengan standar nasional (SNI)
    • Memiliki ketahanan benturan yang tinggi
    • Memiliki lebih banyak ketahanan terhadap berbagai bahan kimia
    • Tangki Polyethylene tidak korosi
    • Memiliki Ketahanan cuaca yang lebih baik
    • Untuk tangki yang menggunakan resin warna natural (alami), dinding tangki akan terlihat transparan, sehingga dapat digunakan sebagai indikator ketinggian cairan didalam tangki
    • Mudah dalam perawatan
  • Bahan kimia apa saja yang dapat saya simpan di tangki Penguin?

Tangki Polyethylene Penguin memiliki berbagai ketahanan terhadap bahan kimia. Usahakan untuk memiliki informasi sebanyak mungkin mengenai bahan kimia yang akan ditampung Tangki Polyethylene Penguin seperti suhu produk, konsentrasi persen dari produk (contohnya : Sodium hypoklorit, sg 1.2 T/m3, konsentrasi 15%, temperatur 30 °C).

Untuk ketahanan tangki penguin terhadap cairan kimia, dapat dilihat pada Tabel Ketahanan Kimia Penguin. Jika tidak terdapat, anda dapat hubungi Customer Service Penguin dan kami akan senang untuk membantu anda.

PENGUIN menggunakan formulasi khusus Penguin Rotamould™ yang terbuat dari material Polyethelyne murni (bukan daur ulang). Penguin Rotamould™ memilikistruktur yang baik, sehingga dapat membuat tangki lebihtahan terhadap benturan, radiasi UV dan cuaca ekstrim.

Pedoman umum dari pemilihan material tangki tidak ada. Produsen tangki selalu menyediakan tangki terbaik yang sesuai dengan disain spesifikasi untuk aplikasi (bahan kimia, konsentrasi, berat jenis, temperatur, dimensi, beban mekanis) sehingga rekomendasi disain tangki yang tepat dapat dibuat oleh produsen tangki.

Untuk tangki air, Penguin sudah mendisain tangki sesuai dengan kebutuhan.

Untuk tangki kimia, anda dapat menghubungi Customer Service kami untuk membantu mendisain tangki sesuai dengan kebutuhan anda.

Harap dicatat bahwa peningkatan suhu cairan secara substansial akan mengurangi tingkat berat jenis. Bahan kimia tertentu yang memiliki zat perusak (environmental stress cracking agents didalamnya, membutuhkan tangki dengan desain yang lebih tinggi sebagai kompensasinya, meskipun berat cairan kimia mungkin lebih rendah.

Tangki Polyethylene Penguindidisain dengan menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan ASTM D-1998. Memiliki ketebalan dinding stratiform (bervariasi dari atas ke bawah). Tebal dinding bukan sebagai indikator dalam menentukan kualitas dari tangki. Produsen lain dapat menggunakan lebih banyak bahan dalam pembuatan tangki, tapi tidak menjamin tangki lebih baik, karena untuk membuat tangki yang baik ditentukan oleh resin, desain cetakan dan proses rotomolding. Resin dengan kualitas yang rendah akan membutuhkan dinding tangki lebih tebal sebagai kompensasinya.

Tangki Polyethylene Penguin dapat digunakan sebagai tangki penampungan air minum. Resin Penguin Rotamould™ yang digunakan untuk memproduksi Tangki Polyethylene Penguin telah memenuhi spesifikasi yang terdapat dalam Peraturan FDA dan bersertifikat FDA, sehingga dapat digunakan dalam kontak dengan makanan dan minuman.

Tangki Polyethylene Penguin memiliki temperatur penyimpanan maksimum 60 °C. (sesuai dengan spesifikasi disain ASTM D-1998)

Penting!!! Hubungi Customer Service Penguin bila tangki yang akan digunakan untuk aplikasi anda akan terus berada di atas 60 °C. Customer Service Penguin akan membantu untuk mendisain tangki khusus untuk aplikasi anda.

Selain solar, kami tidak merekomendasikan menyimpan bahan bakar minyak dalam Tangki Polyethylene Penguin karena dapat melunakkan dinding tangki. Untuk informasi lebih lanjut, silahakan menghubungi Customer Service Penguin.

Tidak. Tangki Polyethylene Penguin tidak dapat digunakan sebagai tangki bertekanan. Semua Tangki Polyethylene Penguin dirancang untuk tekanan atmosfer. Dalam penggunaannya, Tangki Polyethylene Penguin wajib dipasang lubang udara (venting).

Untuk aplikasi tangki yang dipendam, Penguin telah mendisain tangki khusus dengan type Heavyduty.

PT. Penguin Indonesia (Penguin) memberikan Garansi Terbatas kepada setiap pembeli produk Tangki Polyethylene Penguin. Penguin menjamin bahwa selama masa garansi (dalam waktu yang wajar secara komersial) akan memperbaiki cacat pada material, disain, rancangan, atau dalam pembuatannya, dan atau apabila dianggap perlu, Penguin akan mengganti produk sesuai dengan garansi terbatas ini tanpa dikenakan biaya.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi usia penggunaan tangki polyethylene, diantaranya jenis material yang disimpan dalam tangki, konsentrasi, dan temperatur.

Instalasi dan PIPA. Alasan utama kerusakan tangki adalah karena instalasi yang tidak tepat. Sangat penting untuk mengikuti "Instruksi Manual". Dengan menggunakan koneksi yang fleksibel untuk mengimbangi ekspansi dan kontraksi dari tangki akan memperpanjang umur tangki.

Jumlah dan lamanya paparan sinar U.V. Tangki Polyethylene Penguin yang digunakan didalam ruangan akan memiliki masa penggunaan yang lebih panjang dari pada tangki penguin yang digunakan diluar ruangan.

Tangki yang mengalami tingkat stress yang berlebihan saat diaplikasikan sebagai tangki transport, tangki proses dengan level cairan yang tidak stabil atau sebagai tangki pengaduk dengan agitasi yang berlebihan, dapat mempengaruhi usia pemakaian tangki.

Suhu beku tidak akan berdampak pada tangki polyethylene, namun, dapat berpengaruh pada cairan di dalam tangki. Pastikan ruang dalam tangki memiliki cukup ruang untuk mengembang saat cairan mengalami pembekuan.

Dapat dilihat pada stiker spesifikasi tangki yang dipasang pada dinding tangki.

Tangki Polyethylene Penguin dapat dipesan sesuai dengan spesifikasi desain dan kebutuhan pengguna.

Kami menyediakan layanan purna jual berupa perbaikan pada tangki dan aksesorisnya. Pengguna dapat menghubungi Technical Support Penguin, jika mengalami masalah dengan Tangki Polyethylene Penguin.

Untuk menentukan kebutuhan kapasitas tangki air, bisa menggunakan asumsi penggunaan air untuk rumah tinggal sebesar 120 liter/orang/hari (SNI 03-7065-2005).

Untuk kebutuhan kapasitas tangki kimia, dapat menghubungi Customer Service kami.

Tangki air dan kimia  Polyethylene Penguin dapat dibeli di www.kamarmandiku.com atau www.tangkiairku.com

 

Pertanyaan seputar Produk American Standard


Anda Ingin bertanya Seputar Produk perlengkapan kamar Mandi ? Jika Q & A di bawah ini tidak menjawab apa yang sedang anda ingin ketahui silahkan menghubungi kami di cs@kamarmandiku.com.

1.Bagaimana apabila ada kerusakan produk American Standard, apakah ada pelayanan service-nya?

Team After Sales Service American Standard akan memeriksa langsung ke customer, dengan menghubungi Hotline number kami 0800-1267823 (Toll Free)

2.Bagaimana cara perawatan permukaan toilet?

Cukup dibersihkan dengan kain halus dan bersih

3.Apa yang perlu diperhatikan dalam pemasangan kloset?

Pemasangan closet yang harus diperhatikan adalah jarak lubang pembuangan ke dinding sesuai dengan produk yang akan dipasang, yang paling penting juga harus mengikuti petunjuk pemasangan yang telah di instruksikan

4.Bagaimana cara membersihkan kerak pada keramik yang disebabkan oleh kualitas air?

Membersihkan kerak kotoran closet yang sudah lama bisa dengan menggunakan ampelas yang halus, tetapi apabila belum berhasil gunakan soda api. Jangan sampai mengenai material produk lainnya (seat and cover, dsb)

5.Apa yang menyebabkan air merembes dari tangki?

Periksa pemasangan rubber tank to bowl nya (seal antara tank dengan pot closet nya) apakah telah terpasang dengan baik atau periksa rubber seal yang ada pada baut pengikat tangki

6.Apa yg menyebabkan kamar mandi bisa bau?

Periksa perangkat-perangkat air yang ada pada peralatan saniter (floor drain, wastafel, dll) apakah sudah terisi dengan air karena dengan terisinya air tersebut dapat menghambat udara dari dalam pipa instalasi keluar ke ruangan kamar mandi

7.Kenapa air mengalir terus ke dalam pot (bowl) closet?

Bocor dari tank ke pot kloset dikarenakan : pemasangan flush valve nya tidak kencang atau inlet valve nya tidak berfungsi dikarenakan tersumbat pasir atau kotoran lainnya

8.Apa yg menyebabkan flushing tidak sempurna?

Flushing tidak sempurna disebabkan : kapasitas air didalam tank kurang, ada penyumbatan pada pipa instalasi, Septic tank penuh atau tidak adanya pipa pembuangan udara

9.Berapa tekanan air yang diperlukan di dalam rumah agar kloset dapat berfungsi dengan baik?

Untuk tekanan air yang normal kita anjurkan minimal 0.3 bar

10.Bagaimana cara merawat keran agar tetap mengkilat?

Perawatan kran cukup dengan di lap kering dengan kain yang halus dan bersih dan lakukan pembersihan secara rutin pada saringan yang ada pada keran

11.Bagaimana cara merawat bathtub?

Perawatan bathtub setelah dipakai yaitu dengan dibilas dengan air bersih (air panas) kemudian di lap kering dengan menggunakan kain yang halus dan bersih

12.Bagaimana cara merawat wastafel?

Perawatan wastafel secara rutin, bilas dengan air bersih atau dengan air panas kemudian di lap kering dengan menggunakan kain yang halus dan bersih

13.Bagaimana kita tahu bahwa produk saniter yang kita pilih berkualitas baik?

Sebaiknya kita membeli kloset, wastafel maupun produk saniter lainnya termasuk bak mandi/bathtub dan produk keran dari produsen yang jelas dan memiliki merk yang sudah dikenal. Pemakaian produk saniter cukup lama, paling tidak sekitar 2-5 tahun, oleh karena itu penting untuk memilih produsen yang memberikan layanan purna jual. produsen yang berkualitas biasanya juga memberikan garansi selama 1 tahun untuk penggantian produk yang disebabkan oleh cacat produksi

14.Berapa lama umur produk saniter ?

Produk saniter yang terbuat dari bahan keramik (vitreous china) bertahan seumur hidup dengan pemakaian dan perawatan normal, sedangkan untuk bahan yang terbuat dari plastik seperti isi tanki kloset (tank trim), karet pada pipa pembuangan (floor flange/wax ring) umurnya akan sangat tergantung dari frekwensi pemakaian, perawatan dan kondisi air

15.Apakah setiap merk produk saniter memiliki standard pemasangan yang sama ?

Produk saniter pada umumnya memiliki prinsip pemasangan dan ukuran instalasi yang sama, yang perlu diperhatikan adalah tipenya, khusus untuk kloset perlu diperhatikan jarak dari lubang pembuangan ke dinding (rough-in)

16.Bagaimana cara perawatan produk saniter ?

Produk saniter baik kloset, wastafel, bak mandi/bathtub maupun kerannya, cukup dibilas dengan air bersih kemudian di lap dengan menggunakan kain yang halus dan bersih. Sebaiknya disediakan lap tersendiri untuk perawatan produk saniter

17.Hal-hal apa yang perlu diperhatikan dalam pemasangan produk saniter ?

  1. Pertama dilihat dari design produknya
  2. Kemudian dilihat dari kualitas produknya (bisa dilihat dari produsen produk saniter yang sudah dikenal & memiliki layanan purna jual)
  3. Perhatikan spesifikasi produknya yaitu jarak lubang pembuangan ke dinding/rough-in (untuk produk toilet), dimensi produk juga harus disesuaikan dengan besarnya ruangan kamar mandi & kemudahan dalam hal pemsangan dan perawatan produk
  4. Warna produk disesuaikan dengan warna ruangan kamar mandi
  5. Harga produk

18.Hal-hal apa yang perlu diperhatikan dalam pemasangan produk saniter ?

  1. Ikuti langkah-langkah pemasangan dalam petunjuk pemasangan produk
  2. Ukuran pipa instalasi harus sesuai dengan spesifikasi produk yang akan dipasang (keterangan tersebut dapat dilihat dari petunjuk pemasangan produk)
  3. Sesuaikan besarnya tekanan air dengan produk saniter yang akan dipasang. minimal tekanan air yang diperlukan adalah sebesar 0.5 bar, apabila menggunakan sumber air dari sumur bor atau PDAMsebaiknya menggunakan pompa pendorong. sedangkan apabila menggunakan sumber air dari water toren tetapi tekanan air masih kurang kencang, disarankan untuk menggunakan pompa pendorong. Gunakan pompa yang tekanannya sesuai dengan kebutuhan pemakaian air dalam 1 rumah
  4. Sebelum peralatan saniter dihubungkan ke pipa instalasi, sebaiknya pipa instalasi air bersih dikuras terlebih dahulu dengan cara mengalirkan airnya selama beberapa saat.

19.Bagaimana cara membersihkan kerak yang menempel pada produk saniter (keramik) ?

  1. Pada umumnya kerak timbul akibat kurangnya perawatan, dengan perawatan yang benar secara rutin sebenarnya bisa mengantisipasi terjadinya kerak di permukaan keramik
  2. Namun apabila hal tersebut sudah terjadi, gunakanlah pembersih keramik. apabila masih belum cukup, gunakan ampelas halus (no. 1000) yang telah dibasahi kemudian gosok secara perlahan. apabila langkah tersebut kurang berhasil maka gunakanlah air keras (HCl). Langkah perawatan ini tidak dianjurkan untuk dilakukan secara rutin atau seringkali dan pastikan bahan pembersih yang digunakan tidak mengenai bagian produk yang lain selain keramik (seat and cover, tank trim, dll)

20. macam permasalahan yang ada pada kloset

  1. Air mengalir/rembes dari bawah kloset :
    1. Pastikan pemasangan baut pengikat yang pot kloset sudah cukup kuat atau belum
    2. Pastikan pemasangan karet seal gasket (Wax ring / Floor Flange ) apa sudah benar atau satu as dengan lubang pipa pembuangan yang ada dilantai
  2. Air mengalir/rembes dari bawah tanki air
    1. Pastikan pemasangan baut pengikat tanki air sudah cukup kuat atau belum
    2. Pastikan pemasangan karet seal tanki dengan pot kloset sudah terpasang dengan tepat dan benar
  3. Air mengalir / rembest dari pipa flexible
    1. Pastikan pemasangan pipa flexible tersebut sudak cukup kencang atau belum
    2. Pastikan karet seal pipa flexible sudah terpasang atau belum.
  4. Air mengalir / rembes dari tanki ke pot kloset
    1. Pastikan ketinggian plampung pada pipa pemasukan air ( inlet valve )sudah sesuai dengan batasan ketinggian air yang ada di setiap dinding dalam tanki ( water line )
    2. Pastikan karet katub yang ada di dalam pipa pemasukan air ( inlet valve )dan cuci dengan menggunakan air bersih
    3. Pastikan peyetelen rantai katub atau tombol mekanis pembilas ( flush valve ) sudah tepat atau belum
    4. Pastikan karet katub mekanis pembilas( flush valve ) kemudian cucilah dengan menggunakan air bersih
  5. Flushing / Pembilasan tidak sempurna
    1. Pastikan kapasitas air yang ada didalam tanki sudah cukup atau sesuai dengan ketentuan yang ada di setiap dinding dalam tanki ( water line )
    2. Pastikan pemasangan seag gasket ( Floor flange / Wax ring ) sudah terpasang tepat /satu as dengan lubang pipa pembungan yang ada pada lantai
    3. Pastikan bak penampungan ( septictank ) apakah sudah penuh apa belum dan pipa pembungan udaranya sudah terpasangan dengan benar ( biasanya menggunakan pipa berukuran min 11/2 inchi dan dipasang tidak terlalu panjang dan banyak belokannya