Info Bahan Bangunan Peralatan kamar mandi dan perlengkapan Dapur Terbaru 2015
Menu

Info Perlengkapan Kamar Mandi 2017

Tips Memilih Perlengkapan - peralatan Kamar Mandi serta Dapur

Solar water heater Ariston

 

Untuk Hotel, Spa, Rumah Tinggal, Rumah sakit serta Industri pengolahan

Pemanas Air Tenaga Matahari. Solar water heater .. Go Green Product

March 5, 2015

Jenis pemanas air ada banyak sekali macamnya. Ada pemanas air tenaga listrik dan ada juga pemanas air menggunakan tenaga gas. Ada satu lagi jenis pemanas air yaitu pemanas air dengan menggunakan energi Surya (Solar water heater system). Pemanas air dengan memanfaatkan sumber energi dari alam yang ini, memiliki beberapa keuntungan antara lain, dibanding tenaga listrik dan tenaga gas, Pemanas Air tenaga surya tidak bakal habis sumber energinya. Apalagi tarif listrik dan gas selalu naik dari tahun ke tahun.

Dari sisi keamanan, pemanas air tenaga surya sangat aman, karena, resiko tersengat aliran listrik minim. Ramah lingkungan karena hasil pemanasan pemanas air tenaga surya tidak menimbulakn senyawa lain. Bandingkan dengan pemanas air gas yang mengakibatkan timbulnya gas CO2 yang bisa mencemari lingkungan serta keracunan gas. Tetapi disisi lain pemanas air tenaga surya juga memiliki kekurangan juga, karena pemanas air ini perlu sinar matahari sebagai energinya, maka kemampuannya tergantung pada banyaknya sinar matahari. Jadi, kalau mendung, dayanya akan sedikit berkurang. Tapi, tetap tidak masalah, karena pemanas tenaga surya masih bisa menyerap sinar matahari, dan tetap bisa berfungsi.

Kekurangan pemanas air tenaga surya yang lain adalah tidak bisa ditaruh di sembarang tempat dan harus terkena sinar matahari langsung. Beda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas yang tidak membutuhkan tempat yang luas dan juga bisa ditaruh di dalam ruangan, misalnya, di dalam kamar mandi. Dan hal lain yang masih menjadikan orang berpikir dua kali adalah harganya yang terbilang mahal dibanding pemanas air tenaga air lainnya. Perlu diketahui harga Pemanas Air berkisar antara 10 juta hingga ada yang mencapai 34 juta.

CARA KERJA

Pemanas air tenaga surya biasanya terdiri dari panel kolektor dan tangki yang dihubungkan dengan dua pipa assesories. Panel kolektor dilengkapi dengan penutup kaca berfungsi sebagai penangkap panas sinar matahari yang didalamnya tersusun rangkaian pipa tembaga sebagai jalur air yang dibalut sirip absorber. Sedangkan tangki berfungsi sebagai "Thermos" (tempat penyimpanan air berinsulasi) yang mampu menahan penurunan panas secara minimal.

Pada saat matahari bersinar, panel kolektor menangkap sinar matahari dan secara mekanis mengalirkan panas dari sirip absorber ke pipa-pipa tembaga yang berisi air, sehingga suhu air didalamnya perlahan meningkat. Panel solar memakai prinsip alamiah air "Thermosiphon". Thermosiphon ialah prinsip pasif perpindahan panas dengan memanfaatkan proses alamiah konveksi air.

Pada prakteknya, prinsip ini dimulai dari air yang berada pada panel kolektor mengalami pemanasan (4) dan akan bergerak ke sisi atas dan masuk ke dalam tangki (3). Pada saat bersamaan, air di dalam tangki yang bersuhu rendah terdorong turun ke dalam panel kolektor (5). Pergerakan perputaran air ini bergerak berkesinambungan sehingga terjadi sirkulasi air secara mekanis yang mengakumulasi peningkatan suhu air didalam tangki. Pergerakan perpindahan antara air bersuhu tinggi digantikan air bersuhu rendah dapat bergerak mekanis tanpa bantuan tambahan pompa.
Lokasi Pemasangan
Cara pemilihan lokasi pemasangan agar Pemanas Air Tenaga Surya bisa bekerja secara maksimal sebaiknya mengikuti tips-tips sebagai berikut :
• Panel kolektor harus diletakkan pada suatu tempat di mana sinar matahari bisa menyinari tanpa terhalang oleh obyek apapun sepanjang tahun. Hindari dari obyek-obyek yang bisa menghalangi seperti bangunan tinggi, pohon, tiang listrik dan lain sebagainya.
• Carilah titik lokasi pemasangan yang optimal dimana pipa instalasi air panasnya sependek mungkin dan bisa mengalir secara merata ke seluruh titik keluaran (output).
• Pastikan konstruksi atap bangunan yang dipilih mampu menahan berat alat Pemanas Air Tenaga Surya dalam keadaan terisi air untuk jangka waktu yang lama.

Arah Pemasangan
Arah serta kemiringan pemasangan bisa mempengaruhi kinerja Pemanas Air Tenaga Surya, untuk memperoleh hasil maksimal harap diperhatikan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
• Untuk daerah-daerah pemasangan yang berada di atas garis khatulistiwa, maka sebaiknya alat dihadapkan ke arah selatan. Sebaliknya untuk daerah-daerah di bawah garis khatulistiwa, maka Pemanas Air Tenaga Surya sebaiknya dihadapkan ke arah utara. Gunakan kompas untuk menentukan arah mata angina.
• Jika pemasangan tidak bisa tepat ke arah utara atau selatan maka pergeseran yang disarankan maksimal 45º ke arah timur atau barat, namun pergeseran ini akan mempengaruhi kinerja Pemanas Air Tenaga Surya.
• Untuk lokasi pemasangan di Indonesia, paling baik jika Pemanas Air Tenaga Surya dipasang pada kemiringan 10º - 20º terhadap bidang datar.
• Jika pada lokasi yang dipilih, arah maupun kemiringan atap diluar ketentuan yang dianjurkan di atas maka gunakan suatu rangka besi sebagai dudukan agar posisi yang dianjurkan bisa dicapai seoptimal mungkin.
• Jika arah utara atau selatan tetap tidak bisa dipilih, maka pilihlah arah timur bila pemakaian air panas lebih banyak sebelum jam 14.00. Tetapi, jika pemakaian air panas lebih banyak setelah jam 14.00, maka pilihlah arah pemasangan ke barat.

Informasi Harga dan Pemasangan
Kunjungi : www.kamarmandiku.com
 

 

 

Go Back

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "Pemanas Air Tenaga Matahari. Solar water heater .. Go Green Product".
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Tenaga Surya yang bisa anda kunjungi di disini

Terimakasih infonya dan untuk referensi silahkan cek www.ps-surya.gunadarma.ac.id



Comment